16.4.09

impian hmm

Canon SLR, Sudah 50 Tahun


Tahun ini Canon memperingati 50 tahun penjualan kamera single-lens reflex (SLR) yang dimulai pada tahun 1959. Selama lebih dari setengah abad kamera SLR Canon berkembang dan menghasilkan berbagai teknologi mutakhir. Di seluruh dunia, produksi dan penjualan kamera SLR Canon telah melampaui 50 juta unit.

Sejarah kamera SLR 35mm Canon ditandai dengan peluncuran Canon Flex pertama kali pada bulan Mei tahun 1959. Tahun 1971, Canon memperkenalkan model F-1 sebagai kamera profesional yang diluncurkan pertama kali. Kemudian di tahun 1976, diluncurkan model AE-1,yang merupakan kamera SLR pertama di dunia yang telah dilengkapi dengan built-in CPU. Di tahun 1986, hadir Canon T90 yang menjadi primadona di seri T.

Pada bulan Maret 1987, Canon meluncurkan EOS 650, kamera SLR pertama di dunia yang dilengkapi AF (autofocus) didukung dengan electronic control. Kamera SLR seri EOS milik Canon telah memberikan kontribusi signifikan dalam perkembangan dan pertumbuhan kamera SLR yang menggunakan AF hingga saat ini. Perkembangan pesat dialami kamera SLR Canon baik untuk kalangan profesional, yaitu dengan diluncurkan top-of-the-line EOS-1 di tahun 1989, maupun untuk pengguna entry level melalui peluncuran EOS 500 di tahun 1993.



Di tahun 2000, Canon mengawali era digital dengan meluncurkan EOS D30. Konsep yang diusung oleh kamera Digital SLR Canon EOS ini adalah: kecepatan, kemudahan penggunaan, dan kualitas hasil bidikan digital yang tak tertandingi serta konsistensi dalam mengembangkan CMOS sensor dan prosesor gambar DIGIC berperforma tinggi. Lensa seri EF berkualitas tinggi juga terus dikembangkan beriringan dengan pengembangan kamera digital SLR Canon EOS.

Tahun 2008, Canon semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar Digital SLR di dunia dengan memperkenalkan 4 model DSLR terbarunya, termasuk EOS450D yang menduduki posisi teratas penjualan di Jepang dan di pasar internasional lainnya. Kini, hadir juga Canon EOS 5D Mark II sebagai kamera Digital SLR yang mengusung teknologi full high-definition video recording yang menjadi pembicaraan hangat di dunia fotografi internasional.

Hingga saat ini, keseluruhan penjualan kamera SLR berbasis film Canon telah melampaui 39 juta unit sedangkan kamera Digital SLR-nya telah melampaui 14 juta unit.

MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU >.<